BPBD Sibolga Bagikan Masker ke Pedagang

  • Whatsapp
(IST/RADAR NAULI), Kalaksa BPBD Kota Sibolga Juangan Daulay saat melakukan edukasi berupa sosialisasi tentang pelaksanaan protokol kesehatan bagi para pedagang dan pengunjung pasar, Jumat (12/06/2020).

SIBOLGA (RADAR)- Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Sibolga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker sebanyak 6000 lembar kepada para pedagang di pasar Sibolga Nauli, Pasar Aek Habil, Pasar Dewa Sakti dan Pasar Kota Beringin.

Kalaksa BPBD Kota Sibolga Juangan Daulay kepada wartawan mengatakan, kegiatan itu dilakukan selama dua hari yakni hari Kamis dan Jumat (11-12 Juni 2020).

“Aksi pembagian masker kepada pedagang itu sebagai upaya preventif untuk mencegah dan melindungi warga dari penyebaran virus corona. Karena pasar merupakan tempat berkumpulnya banyak orang untuk interaksi jual beli dengan berganti-ganti orang,” jelas Juangon seraya mengatakan pembagian masker itu juga dalam rangka mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain memberikan masker, sambungnya, pihaknya juga melakukan edukasi berupa sosialisasi tentang pelaksanaan protokol kesehatan bagi para pedagang dan pengunjung pasar.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi itu para pedagang maupun pengunjung pasar dapat menjalankan pola hidup sehat sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19. Tetap jaga kebersihan, dan setiap melakukan aktivitas apapun agar segera cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” ujarnya.

Menurutnya, sasaran utama pembagian masker dan sosialisasi itu dilakukan di pasar karena disana para pedagang dan pengunjung berinteraksi setiap hari.

“Di pasar banyak orang bertemu, jadi kalau tidak patuh terhadap protokol kesehatan, maka berpotensi jadi penyebaran Covid-19,” katanya.

Pada kesempatan itu, Juangon juga mengimbau pada padagang dan pembeli agar selalu memakai maker saat berjualan atau berinteraksi, dan diharapkan seluruhnya disiplin menggunakan masker dengan benar, bukan hanya karena ada sosialisasi saja.

“Pakailah masker hingga benar-benar dinyatakan aman dari Covid-19,” tandasnya.

Lagi, Rumah Ibadah Disemprot Disinfektan

Terpisah, guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Pemko Sibolga melalui Dinkes Sibolga juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah yang ada di Kota Sibolga.

Kepala Dinas Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu menyampaikan, lewat kegiatan penyemprotan disinfektan itu diharapkan aktifitas di tempat ibadah dapat berjalan dengan baik.

“Itu harapan kita guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 itu” ujarnya.

Menurutnya, kegitan itu merupakan program Dinas Kesehatan Sibolga untuk pencegahan Covid-19 itu.

“Kegiatan itu dilakukan selama dua hari sejak hari Kamis 11 Juni kemarin,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Firmansyah mengajak semua masyarakat agar selalu berpola hidup sehat dengan cara cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, dan sedapat mungkin menghindari keramaian.

“Kemudian untuk tetap tenang dan diam dirumah, kecuali ada kegiatan atau sesuatu hal yang sangat mendesak. Kami juga meminta agar warga selalu mematuhi himbauan dari pemerintah dan pihak terkait,” tandasnya. (red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *